Modul 1
Mendeskripsikan Admninistrasi
Perkantoran
1. Admministrasi berasal dari bahasa
Latin, Ad dan Ministrare. Ad artinya intensif dan ministrare artinya melayani.
Apa yang dimaksud Administrasi?
Jawab : Administrasi adalah usaha dan kegiatan meliputi
penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan
organisasi.
2. Administrasi juga memiliki unsur-unsur. Menurut The Liang
Gie dalam buku “Administrasi Perkantoran Modern”, unsur Administrasi ada 8.
Sebutkan 8 unsur dari Admministrasi tersebut?
Jawab : Pengorganisasian, Manajemen, Tata Hubungan, Kepegawaian,
Keuangan, Perbekalan, Tata Usaha, dan Perwakilan.
3. Fungsi Administrasi ada lima, seperti fungsi analisis. Apa
yang dimaksud dengan fungsi analisis? Berikan contohnya!
Jawab : Fungsi analisis yaitu fungsi administrasi yang
membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai kemampuan mengambil
keputusan. Contohnya yaitu seperti membuat keputusan pembelian.
4. Fungsi Administrasi ada 5 yaitu fungsi rutin, fungsi teknis,
fungsi analisis, fungsi interpersonal, dan fungsi manajerial. Apa yang dimaksud
dengan fungsi manajerial?
Jawab : Fungsi manajerial yaitu fungsi administrasi yang
membutuhkan perencanaan, pengorganisasian pengukuran dan pemotivasian.
5. Kantor merupakan suatu unit organisasi yang terdiri dari
tempat personil dan operasi ketatausahaan. Tujuan kantor adalah memberikan
pelayanan komunikasi dan perekaman. Kantor memiliki 5 fungsi, apakah fungsi
dari kantor tersebut?
Jawab : 1. Menerima Informasi
2.
Merekam Informasi
3.
Mengatur Informasi
4.
Memberi Informasi
5.
Melindungi aset/harta
6. Didalam ruang lingkup administrasi perkantoran, ada
kegiatan kantor dan sarana dan fasilitas kerja perkantoran. Kegiatan kantor terdiri
dari perencanaan perkantoran, pengorganisasian perkantoran, pengarahan
perkantoran, dan pengawasan perkantoran. Apa saja yang termasuk ke dalam
pengawasan perkantoran?
Jawab : Pengawasan perkantoran terdiri dari penggunaan peralatan
dan perabot kantor, metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor, kualitas
pekerjaan kantor, dan pelayanan kantor.
7. Sarana dan fasilitas kerja perkantoran terdiri atas lokasi
kantor, gedung, peralatan, interior, dan mesin-mesin kantor. Apa yang dimaksud
interior?
Jawab : Interior adalah tatanan perabot/perangkat kantor yang
menunjang pelaksanaan kerja dalam ruang kantor seperti penenerangan, ventilasi,
plafon, jendela, dan hisasan kantor.
Modul 2
Mendeskripsikan fungsi pekerjaan
kantor
8. Organisasi berasal dari bahasa yunani “Organon”. Dalam bahasa
latin “Organum” yang artinya alat, bagian, anggota atau badan. Apa yang
dimaksud dengan organisasi?
Jawab : Organisasi adalah suatu kesatuan atas sekelompok orang
yang saling bekerja sama demi mencapai tujuan bersama.
9. Organisasi selain memiliki tujuan, ada pula
prinsip-prinsip organisasi. Ada 7 prinsip-prinsip organisasi. Apa saja ke 7
prinsip-prinsip organisasi tersebut?
Jawab : - Prinsip perumusan tujuan –pembagian kerja
–pendelegasian kekuasaan/wewenang –tingkat pengawasan –rentang manajemen
–kesatuan perintah -koordinasi
10. Berdasarkan pola hubungan kerja serta alur wewenang dan
tanggung jawabnya, bentuk organsiasi terbagi menjadi 3 macam. Yaitu organisasi
garis/lini, organisasi garis&staf, dan organsisasi fungsional. Apa
kelebihan dari organisasi garis/lini?
Jawab : -Kesatuan perintah lebih terjamin
karena pimpinan berada pada satu tangan
-Proses
pengambilan keputusan dapat berjalan lebih cepat
-Rasa
kesetiakawanan antar karyawan lebih tinggi karena lebih saling kenal
11. Selain organisasi garis/lini ada juga bentuk organisasi lainnya
yaitu organisasi garis&staf dan organisasi fungsional. Apa kekurangan dari
organisasi garis&staf?
Jawab : -Kesetiakawanan antar karyawan sulit
dibina karena luasnya organisasi dan jumlah karyawannya yang banyak sehingga
karyawan tidak saling mengenal
-Koordinasi
sulit dilakukan karena kompleksnya susunan organisasi.
12. Organisasi fungsional adalah
organisasi ayng pimpinannya tidak mempunyai bawahan yang jelas. Apa kelebihan
dari organisasi fungsional ini?
Jawab : Pembagian tugas lebih jelas, dan spesialisasi karyawan
dapat dikembangkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin
13. Pekerjaan kantor menekankan kepada
fungsi kantor yaitu menyediakan suatu pelayanan mengenai komunikasi dan warkat.
Apakah fungsi dari pekerjaan kantor?
Jawab : -Memberikan pelayanan terhadap
pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan organisasi
-Menyediakan
informasi/keterangan bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan
-Membantu
kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan
Modul 3
Mengidentifikasi Pekerjaan Kantor
14. Jenis-jenis pekerjaan kantor sangat beragam, seperti
menggandakan. Menggandakan yaitu kegiatan melipat gandakan suatu dokumen,
seperti apakah contoh dari kegiatan menggandakan dokumen?
Jawab : Contoh dari kegiatan menggandakan dokumen yaitu foto
copy, mencetak informasi dengan printer/risograf dalam jumlah yang banyak (lebih
dari satu)
15. Bertelepon, korespondensi, chatting
dan teleconference merupakan kegiatan pekerjaan kantor. Jenis pekerjaan kantor
apakah yang kegiatannya seperti itu?
Jawab : Bertelepon, korespondensi, chatting dan teleconference
termasuk ke dalam jenis kegiatan kantor yaitu melakukan komunikasi
16. Untuk menunjang tugas utama
perusahaan maka diperlukan presentase pekerjaan. Berapakah presentase dari
typing, calculating, dan telephoning?
Jawab : -Presentase pekerjaan typing yaitu
sebanayk 24,6%
-Presentase
pekerjaan calculating yaitu sebanyak 19,5%
-Presentase
pekerjaan telephoning yaitu sebanyak 8,8%
17. Selain jenis-jenis pekerjaan kantor,
ada juga hasil jasa/produk pekerjaan kantor. Seperti surat, surat adalah media
komunikasi tertulis yang berisi buah pikiran/informasi yang disampaikan kepada
pihak lain untuk mendapatkan tanggapan. Apa kegunaan dari surat ini?
Jawab : Kegunaan surat yaitu sebagai alat komunikasi secara
tertulis, sebagai alat bukti tertulis yang sangat otentik, dapat menjadi nilai
historis, dan lain-lain
18. Laporan mempunyai fungsi yaitu sebagai bahan pertanggung
jawaban, alat penyampaian informasi, alat pengawasan, dan lain-lain. Apa yang
dimaksud dengan laporan?
Jawab : Laporan adalah suatu bentuk penyampaian informasi, data,
atau berita baik secara lisan maupun tertulis.
Modul 4
Mengidentifikasi Sarana dan Prasaran
AP
19. Peralatan/perlengkapan kantor adalah
alat/bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor, sehingga
menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesai lebih cepat, tepat, dan
baik. Apa saja jenis-jenis peralatan/perlengkapan kantor dilihat dari
bentuknya?
20. Ruang kantor terbuka adalah ruangan dimana semua kegiatan
karyawan dilakukan bersama-sama dalam satu ruangan tanpa dipisahkan oleh tembok
ataupun penyekat dari kayu. Apa keuntungan dari ruang kantor terbuka?
Jawab : -Mudah merubah ruangan
-Mudah
dalam berkomunikasi
-Mudah
dalam pengawasan
21. Penyimpanan merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh satuan kerja atau petugas gudang untuk menampung hasil pengadaan
barang/bahan kantor, baik berasal dari pembelian, instansi lain, atau yang
diperoleh dari bantuan. Apa tujuan dari penyimpanan barang/bahan kantor?
Jawab : -Agar barang tidak cepat rusak
-Agar
tidak terjadi kehilangan barang
-Agar
tersusun rapi sehingga mudah ditemukan apabila barang tersebut dicari
Modul 5
Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Perkantoran
Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Perkantoran
22. Personil kantor adalah pegawai, anak buah, awak. Apa saja
yang termasuk kedalam personil kantor dan jelaskan!
Jawab : -Pegawai negeri yaitu pegawai yang
bekerja pada instansi pemerintah dan digaji oleh pemerintah
-Pegawai
swasta yaitu pegawai yang bekerja pada perusahaan swasta/diluar instansi
pemerintah dan digaji oleh perusahaan swasta tersebut
-Pegawai
tetap yaitu pegawai yang sudah diangkat resmi memiliki status pegawai dengan
gaji dan tunjangan tetap, baik bekerja di instansi pemerintah maupun swasta
23. Macam-macam personil kantor ada 4 macam salah satunya
yaitu Administrator atau petugas pelaksana administrasi. Apa yang dimaksud dari
Administrator atau petugas pelaksana administrasi?
Jawab : Administrator atau petugas pelaksana administrasi yaitu
orang yang menentukan garis-garis besar kebijakan dan tujuan yang harus
dijalankan oleh kantor sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan
24. Selain Administrator atau petugas pelaksana administrasi, ada
juga macam personil kantor lainnya seperti Staf atau pembantu ahli. Apa yang
dimaksud staf atau pembantu ahli ini?
Jawab : Staf atau pembantu ahli yaitu para tenaga ahli yang
karena kecakapan dan kemampuan dalam bidangnya, bertugas membantu administrator
dan manajer dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan kantor
25. Ada 3 tahap dalam pengadaan personil kantor. Yaitu tahap
analisis jabatan, rekrutmen, dan seleksi. Apa yang dimaksud dari tahap
rekrutmen?
Jawab : Rekrutmen adalah proses usaha untuk mencari dan
mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan kerja yang ada dalam
suatu persuahaan atau instansi, baik instansi swasta maupun pemerintah
26. Mutasi personil kantor yaitu pemindahan karyawan dari satu
jabatan ke jabatan lain. Mutasi dapat dilakukan secara horizontal ataupun
vertikal. Didalam cara vertikal, terbagi menjadi promosi dan demosi. Apa yang
dimaksud promosi dalam memutasi personil kantor dengan cara vertikal?
Jawab : Promosi adalah pemindahan karyawan dari satu jabatan ke
jabatan lain yang lebih tinggi disertai dengan wewenang dan tanggung jawab yang
lebih besar.
27. Macam-macam mutasi sangat beragam. Apa saja macam-macam
mutasi bila ditinjau dari tempat kerja karyawan?
Jawab : -Mutasi antarurusan
-Mutasi
antarseksi
-Mutasi
antarbagian
-Mutasi
antarbiro
-Mutasi
antarinstansi
Sumber : Modul Fotocopy-an
Pokok-pokok Organisasi
28. Setiap organisasi dibentuk karena adanya suatu tujuan tertentu.
Tujuan ini bukan saja harus diketahui secara pasti melainkan, juga harus
dirumuskan dengan jelas dan sebaiknya secara tertulis. Apa yang dimaksud dengan
tujuan organisasi?
Jawab : Tujuan organisasi adalah landasan utama bagi semua
organisasi tujuan itu kelak akan merupakan pedoman terpenting dalam penetapan
haluan-haluan organisasi
29. Adapun anggota organisasi yaitu tenaga staf. Apa yang
dimaksud dengan tenaga staf?
Jawab : Staf ialah mereka yang membantu pimpinan organisasi,
baik kedudukannya sebagai pimpinan unti lini yang lebih rendah maupun staf
pembantu yang bertanggung jawab atas terlaksananya kegiatan penunjang dalam
organisasi
30. Tugas dan kewajiban staf atau pejabat staf beserta unit staf
yang dipimpinnya tergantung dari apa saja?
Jawab : -Maksud atau tujuan yang harus dikejar
atau dicapai
-Kedudukan
line executive atau line manager yang harus dibantu dan
-Wewenang
lini (lini authority) yang dilimpahkan (didelegasikan) kepadanya oleh atasannya
(line executive)
31. Jika dilihat dari segi perannya, maka
staf dapat dibedakan atas dua golongan yaitu Advisory staf dan Service staf.
Aapa tugas dari Advisory staf?
Jawab : Advisory staf bertugas memberi pertimbangan-pertimbangan
kepada pimpinan kantor
32. Pemberian pertimbangan yang matang kepada pimpinan
dilakukan dengan mengadakan proses kegiatan-kegiatan pendahuluan. Apa saja
proses kegiatan-kegiatan pendahuluan itu?
Jawab : -Penelitian
-Analisis
fakta-fakta dan informasi lainnya
-Interpretasi/evaluasi
-Membuat
kesimpulan
-Merumuskan
saran pertimbangan
33. Pada hakekatnya sebelum saran diajukan staf kepada pimpinan
kantor, saran-saran tersebut perlu analisa. Saran staf yang baik adalah saran
yang memenuhi persyaratan-persyaratan. Apa saja saran yang memenuhi
persyaratan-persyaratan?
Jawab : -Lebih dari satu alternatif yang
diajukan pimpinan kantor
-Setiap
alternatif disertai dengan penjelasan yang lengkap, tepat jelas tetapi singkat
-Aksentuasi
(penekanannya) yang jelas mengenai hasil perkiraan staf mengenai alternatif
yang dipandang terbaik
-Staf
harus membuktikan bahwa staf telah bekerja atas prinsip “completed staf work”
yang berarti pimpinan tidak perlu lagi meminta keterangan tambahan atau
menanyakan sesuatu kepada staf yang memerlukan penelahaan
34. Hubungan pimpinan kantor dan staf, hubungan adalah proses
pengalihan (transfer) sesuatu dari satu orang atau unit lain kepada unit
lainnya. Apa saja macam-macam jenis dari hubungan antara pimpinan dengan staf?
Jawab : -Perintah tertulis
-Laporan
-Hubungan
pimpinan dan nasehat
-Rapat
atau konferensi
-Memberi
bimbingan dan nasehat
35. Wewenang (Authority) adalah alat untuk melakukan suatu perbuatan
atau tindakan. Wewenang dibagai menjadi 3, yaitu wewenang garis, wewenang staf,
dan wewenang fungsional. Apa yang dimaksud dari wewenang fungsional?
Jawab : Wewenang fungsional yaitu kekuasaan seorang manajer yang
berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pegawai sesuai dengan bagian tertentu
36. Wewenang dapat didelegasikan dari suatu pihak kepada pihak lain.
namun tentu saja tidak semua wewenang dapat didelegasikan. Sifat pendelegasian
harus disesuaikan dengan fungsi, kemampuan, dan ruang lingkup tingkatannya. Apa
yang dimaksud dengan pendelegasian wewenang?
Jawab : Pendelegasian wewenang adalah memberikan wewenang kepada
seseorang untuk melaksanakan tugas-tugas atau nama pihak yang
memberikan/mendelegasikan wewenang tersebut
37. Pendelegasian wewenang merupakan proses dalam pembagian
pekerjaan antara atasan dan bawahan yang masing-masing mempunyai tugas dan
wewenangnya. Apa saja sumber-sumber wewenang?
Jawab : -Teori wewenang formal (Formal
authority theory)
-Teori
penerimaan wewenang (Acceptance authority theory)
-Wewenang
karena situasi (Authority of the situation)
-Wewenang
posisi (Position authority)
-Wewenang
teknis/wewenang computer (Technical authority/computer authority)
-Wewenang
hukum (Yuridis Authority)
38. Ada sepuluh macam wewenang yang harus diketahui. Apa saja ke
sepuluh macam wewenang tersebut?
Jawab : -Wewenang Program
-Wewenang
Organisasi
-Wewenang
Personalia
-Wewenang
Anggaran
-Wewenang
Motivasi
-Wewenang
Perencanaan
-Wewenang
Pengawasan
-Wewenang
Perintah
-Wewenang
Kebijaksanaan
-Wewenang
Pengambilan keputusan
39. Apa yang dimaksud dengan Wewenang anggaran atau Budgeting
authority?
Jawab : Wewenang anggaran yaitu wewenang yang berhubungan dengan
keuangan, dengan menyusun sebuah rencana anggaran biaya dalam usaha untuk
mencapai tujuan organisasi
40. Tanggung jawab timbul karena adanya hubungan antara atasan
dan bawahan yang melaksanakan sebagian dari tugas orang lain. Tanggung jawab
tercipta karena adanya penerimaan wewenang. Tanggung jawab harus sama besarnya
dengan wewenang yang dimiliki. Apa saja macam-macam tanggung jawab?
Jawab : -Tanggung jawab kepada Tuhannya
-Tanggung
jawab terhadap Masyarakat/Negara
-Tanggung
jawab terhadap Politik
-Tanggung
jawab terhadap Hukum
-Tanggung
jawab terhadap Jabatan
-Tanggung
jawab terhadap Lembaga
-Tanggung
jawab terhadap
BAGIAN-BAGIAN SURAT
1. Kepala Surat
Pada umumnya,
organisasi badan hukum, dan perusahaan mempunyai kertas kop surat yang tercetak
logo dan nama perusahaan lengkap. Dengan demikian, dalam menyusun surat, mereka
dapat langsung menulis alamat, isi surat dan kaki surat. Seperti yang erlihat
pada rangkaian surat, kepala surat memuat nama badan/organisasi atau
perusahaan, alamat lengkap, nomor telpon, nomor teleks, faksimili, tromol pos,
kotak pos, alamat kawat, nama kantor cabang, nama bankir perusahaan, jenis
aktivitas ataupun bidang usaha dan lambang atau logo.
Kepala surat bisnis,
surat jabatan, atau dinas, umumnya dicetak dibagian tengah atas lembar kertas
surat. Meski demikian, tidak ada salahnya jika kepala surat jabatan atau dinas
dicetak di sebelah kiri atas, sesuai dengan keinginan artistik perusahaan.
Fungsi Kepala Surat
(Kop Surat) yaitu :
a. Sebagai alat pengenal (Identitas),
b. Sebagai alat Informasi,
c. Sebagai iklan, pasa perusahaan-perusahaan
tertentu.
2. Tanggal Surat
Setiap membuat surat
sebaiknya selalu diberi tanggal, gunanya untuk mempermudah petunjuk waktu
membalas surat dan mempermudah pengingatan kembali serta mengagendakan surat
atau isi penerima surat. Penulisan tanggal pada surat tidak semata-mata hanya
mencantumkan lambing atau angka tanggalnya saja, akan tetapi harus dirangkaikan
secara lengkap bulan dan tahunnya. Pada akhir penulisan tanggal sesudah selesai
mengetik angka tahun tidak perlu diberi tanda titik.
Fungsi Tanggal Surat
yaitu:
a. Referensi,
b. Alat pemberi informasi tentang waktu,
c. Tanda waktu iklan yang dikeluarkan oleh
kantor atau perusahaan.
Contoh:
Benar Salah
21 Maret 2010 21
Maret, 2010
15 Juni 2009
15-Juni 2009
8 Agustus 1945
8-08-45
3. Nomor Surat
Setiap surat resmi
baik surat dinas pemerintahan maupun swasta, biasanya dilengkapi dengan kode
nomor. Kita kenal ada beberapa bentuk penyusunan kode nomor surat. Ada yang
menyusun berdasarkan pokok persoalan dengan lambing berupa bilangan atau dengan
huruf, ada pula yang menyusun berdasarkan bulan, dan ada yang menyusun
berdasarkan inisial dan instansi atau perusahaan yang bersangkutan.
Fungsi Nomor Surat
yaitu :
a. Alat petunjuk bagi petugas filing,
administrasi dan kearsipan,
b. Alat pengukuran kegiatan kantor yang
berhubungan dengan surat pada suatu periode tertentu,
c. Sebagai referensi dan petubjuk unit asal
surat.
4. Lampiran
Lampiran pada
surat-surat “Dinas Pemerintah” dicetak serangkai dengan nomor, lampiran dan
perihal atas bgian alamat. Lain halnya pada surat niaga, lampiran diletakan
sesudah nama dan jabatan penandatangan surat. Untuk surat resmi dinas
pemerintah cukup disebutkan berapa lembar yang diikut sertakan dalam surat
tersebut. Sedangkan untuk surat-surat niaga pada umumnya semua yang dilampikan
disebutkan satu persatu sebagaimana yang akan dikirim.
Lampiran berfungsi
sebagai petunjuk tentang dokumen yang harus disertakan bersama surat yang
bersangkutan.
5. Hal atau Perihal
Hal atau perihal
merupakan kesimulan pkok dan isi surat. Dalam meletakan posisi atau kedudukan
perihal atau hal pada surat, hal ini dipengaruhi oleh bentuk surat itu sendiri
sehubungan posisi letaknya.
Fungsi Hal sebagai
pemberi informasi oleh siapa surat tersebut dibuat atau diketik, ataupun
dikonsep dan untuk memudahkan pemeriksaan kembali apabila terjdi kekeliruan.
6. Alamat Dalam
Alamat surat terdiri
dari alamat luar untuk sampulnya dan alamat dalam surat itu sendiri. Penulisan
alamat tersebut harus lengkap dan jelas. Bentuk penyusunan pada pengetikannya
di dalam alamat surat dipengaruhi pula oleh bentuk surat itu sendiri dan begitu
pula pada sampulnya serta penggolongan surat.
Alamat dalam berfungsi
sebagai :
a. Sebagai petunjuk bagi petugas filing,
administrasi dan kearsipan
b. Sebagai petunjuk alamat luar pada amplop.
7. Salam Pembuka
Salam Pembuka
berfungsi sebagai salam penghormatan dan pertanda bahwa pembicaraan pada isi
surat akan dimulai. Dalam surat berbangsa indonesia, kata-kata yang dipakai
sebagai salam pembuka umumnya berbunyi :
§ Dengan hormat,
§ Assalamu’alaikum Wr. Wb.,
§ Salam bahagia,
§ Sahabatku yang terbaik,
§ Tuan/Tuan-tuan yang terhormat,
§ Dan sebagainya.
8. Pembukaan Surat
Pembuka Surat
berfungsi sebagai pengantar pada isi surat. Tujuannya agar si penerima
mengetahui alasan surat tersebut. Mskipun kelihatannya mudah, namun masih
banyak yang salah menggunakan kalimat pembuka.
Contoh-contoh bentuk
kalimat pembuka surat :
Dengan surat ini kami.
. . .
Membalas surat Saudara
tanggal . . .. No. . . dengan ini kami. . . .
9. Isi Surat
Isi Surat merupakan
uraian tentang maksud pembuatan surat atau Perihal atau Hal. Isi surat adalah
masalah pokok yang hendak dikemukakan oleh si pembuat surat. Isi surat harus
ditulis dengan jelas, tidak bertele-tele, dan harus sama dengan apa yang
dinyatakan dalam perihal atau Hal. Bila pokok pikiran yang hendak dikemukakan
ada dua atau lebih, sebaiknya masing-masing pokok pikiran tersebut dituliskan
dengan alinea tersendiri.
10. Penutup Surat
Penutup surat
merupakan kesimpulan yang berfungsi sebagai kunci isi surat. Umumnya berisi
ucapan terima kasih terhadap semua hal yang dikemukakan dalam isi surat
hendaknya penutup isi surat ditulis secara singkat dan jelas.
Contoh :
Atas perhatian dan bantuan
Bapa, kami ucapkan terima kasih.
11. Salam Penutup
Salam penutup
berfungsi sebagai tanda bahwa pembicaraan telah selesai dan surat siap untuk
ditanda tangani. Disamping itu, salam penutup juga berfungsi sebagai salam
basa-basi atau penghormatan.
Contoh :
☺ Wassalam
☺ Salam Kami
☺ Teriring salam dan doa
☺ Hormat kami,
12. Nama Instansi
Bentuk dan penyusunan
dan pengetikan nama perusahaan atau instansi disesuaikan dengan bentuk surat
yang digunakan dan diketik dengan huruf Kapital.
Contoh:
Hormat kami,
PT SUMBER REJEKI
13. Tanda Tangan
Tanda tangan berfungsi
menyatakan identitas penanggung jawab surat dan sebagai petunjuk bahwa surat
itu bersifat resmi dan siap dikirimkan karena sudah ditanda tangani.
Contoh :
Hormat kami,
PT.MAESTRO BHAKTI
Tanda tangan
Wahyudi
Direktur
14. Nama yang menandatangani
Nama yang bertanggu
jawab terhadap surat tersebut maka hendaknya dicantumkan dengan jelas pada awal
kalimat tersebut huruf capital dan akhir nama tidak diberi titik kecuali singkatan
nama atau jabatan.
15. Jabatan
Nama Jabatan perlu
dicantumkan agar mengetahui siapa yang mengirim surat tersebut dan siapa yang
berhak atas surat yang dibutuhkan.
Contoh:
Herman Sanjoyo
Direktur Utama
16. Tembusan
Tembusan atau tindasan
dibuat apabila surat itu ditunjukan kepada pihak lain yang berhubungan atau
berkepentingan dengan isi surat, pembuat surat cukup menyebutkan berapa
tembusan yang diikutsertakan dalam surat.
Contoh:
Tembusan
Departemen Agama
Wali Kota
Direktur Jendral
17. Inisial
Dengan adanya inisial
akan lbih mudah kita mengetahui siapa pengetik dan penandatangan surat
tersebut.
Contoh :
Bila surat tersebut
diketik oleh Yuhana Arisandi (Inisial YA) dan ditandatangani oleh Felix
Tampubolon (FT) maka penulisan Inisial dalam surat adalah YA/FT.
Dalam surat resmi
dinas pemerintahan, penulisan inisial tidak diperlukan. Surat tersebut cukup
diparaf oleh pengonsep surat pada konsepnya saja, sedangkan bentuk asli dan
tindasannya tidak perlu diparaf.
Soal Latihan
Pilihan Ganda
Di bawah ini adalah
fungsi kop surat (kepala surat), kecuali….
Sebagai alat pengenal
Sebagai alat informasi
Sebagai iklan pada
perusahaan tertentu
Sebagai lampiran
Alat pemberi informasi
tentang waktu, termasuk salah satu fungsi….
Kop surat
Tanggal surat
Nomor surat
Lampiran
Dibawah ini termasuk
kata-kata salam pembuka, kecuali….
Dengan hormat,
Assalamualaikum, wr.
wb.
Salam bahagia,
Hai, apa kabar,
Dibawah ini yang bukan
termasuk kalimat pembuka adalah….
Dengan ini kami
beritahukan bahwa,
Dengan ini kami minta
tuan,
Bersama surat ini saya
nyatakan,
Bersama ini kami
sampaikan kepada saudara,
Dibawah ini fungsi
surat adalah….
Sebagai pengurai
materi pokok dan subjek lainnya
Sebagai tanda
pembicaraan selesai
Sebagai referensi
Sebagai tanda
pembicara dalam surat akan dimulai
Dibawah ini beberapa
contoh kalimat penutup, kecuali….
Atas perhatian saudara
kami ucapkan banyak terima kasih.
Kami menunggu kabar
dari Tuan. Terima kasih.
Sambil menunggu
balasan Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Demikinlah agar maklum
hendaknya.
Petunjuk bagi penerima
surat termasuk fungsi….
Alamat surat
Isi surat
Tembusan
Perihal
Dibawah ini contoh
dari tanggal surat yang benar adalah….
21 November, 2008
12 – Juni 2008
8 Agustus 2008
8-08-08
Masalah pokok yang
hendak dikemukakan oleh si pembuat surat disebut….
Kalimat pembuka
Isi surat
Kalimat penutup
Singkatan (inisial)
Beberapa fungsi
perihal dibawah ini kecuali….
Sebagai referensi
Sebagai petunjuk
alamat luar pada amplop
Sebagai petunjuk
tentang intisari dari isi surat
Sebagai petunjuk bagi
petugas filing, administrasi dan kearsipan
Essay
Sebutkan beberapa
fungsi surat ?
Jawab: Sebagai wakil dari penulis dan
pengirimnya, sebagai urusan organisasi atau instansi yang bersangkutan, sebaModul 1
Mendeskripsikan Admninistrasi
Perkantoran
1. Admministrasi berasal dari bahasa
Latin, Ad dan Ministrare. Ad artinya intensif dan ministrare artinya melayani.
Apa yang dimaksud Administrasi?
Jawab : Administrasi adalah usaha dan kegiatan meliputi
penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan
organisasi.
2. Administrasi juga memiliki unsur-unsur. Menurut The Liang
Gie dalam buku “Administrasi Perkantoran Modern”, unsur Administrasi ada 8.
Sebutkan 8 unsur dari Admministrasi tersebut?
Jawab : Pengorganisasian, Manajemen, Tata Hubungan, Kepegawaian,
Keuangan, Perbekalan, Tata Usaha, dan Perwakilan.
3. Fungsi Administrasi ada lima, seperti fungsi analisis. Apa
yang dimaksud dengan fungsi analisis? Berikan contohnya!
Jawab : Fungsi analisis yaitu fungsi administrasi yang
membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai kemampuan mengambil
keputusan. Contohnya yaitu seperti membuat keputusan pembelian.
4. Fungsi Administrasi ada 5 yaitu fungsi rutin, fungsi teknis,
fungsi analisis, fungsi interpersonal, dan fungsi manajerial. Apa yang dimaksud
dengan fungsi manajerial?
Jawab : Fungsi manajerial yaitu fungsi administrasi yang
membutuhkan perencanaan, pengorganisasian pengukuran dan pemotivasian.
5. Kantor merupakan suatu unit organisasi yang terdiri dari
tempat personil dan operasi ketatausahaan. Tujuan kantor adalah memberikan
pelayanan komunikasi dan perekaman. Kantor memiliki 5 fungsi, apakah fungsi
dari kantor tersebut?
Jawab : 1. Menerima Informasi
2.
Merekam Informasi
3.
Mengatur Informasi
4.
Memberi Informasi
5.
Melindungi aset/harta
6. Didalam ruang lingkup administrasi perkantoran, ada
kegiatan kantor dan sarana dan fasilitas kerja perkantoran. Kegiatan kantor terdiri
dari perencanaan perkantoran, pengorganisasian perkantoran, pengarahan
perkantoran, dan pengawasan perkantoran. Apa saja yang termasuk ke dalam
pengawasan perkantoran?
Jawab : Pengawasan perkantoran terdiri dari penggunaan peralatan
dan perabot kantor, metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor, kualitas
pekerjaan kantor, dan pelayanan kantor.
7. Sarana dan fasilitas kerja perkantoran terdiri atas lokasi
kantor, gedung, peralatan, interior, dan mesin-mesin kantor. Apa yang dimaksud
interior?
Jawab : Interior adalah tatanan perabot/perangkat kantor yang
menunjang pelaksanaan kerja dalam ruang kantor seperti penenerangan, ventilasi,
plafon, jendela, dan hisasan kantor.
Modul 2
Mendeskripsikan fungsi pekerjaan
kantor
8. Organisasi berasal dari bahasa yunani “Organon”. Dalam bahasa
latin “Organum” yang artinya alat, bagian, anggota atau badan. Apa yang
dimaksud dengan organisasi?
Jawab : Organisasi adalah suatu kesatuan atas sekelompok orang
yang saling bekerja sama demi mencapai tujuan bersama.
9. Organisasi selain memiliki tujuan, ada pula
prinsip-prinsip organisasi. Ada 7 prinsip-prinsip organisasi. Apa saja ke 7
prinsip-prinsip organisasi tersebut?
Jawab : - Prinsip perumusan tujuan –pembagian kerja
–pendelegasian kekuasaan/wewenang –tingkat pengawasan –rentang manajemen
–kesatuan perintah -koordinasi
10. Berdasarkan pola hubungan kerja serta alur wewenang dan
tanggung jawabnya, bentuk organsiasi terbagi menjadi 3 macam. Yaitu organisasi
garis/lini, organisasi garis&staf, dan organsisasi fungsional. Apa
kelebihan dari organisasi garis/lini?
Jawab : -Kesatuan perintah lebih terjamin
karena pimpinan berada pada satu tangan
-Proses
pengambilan keputusan dapat berjalan lebih cepat
-Rasa
kesetiakawanan antar karyawan lebih tinggi karena lebih saling kenal
11. Selain organisasi garis/lini ada juga bentuk organisasi lainnya
yaitu organisasi garis&staf dan organisasi fungsional. Apa kekurangan dari
organisasi garis&staf?
Jawab : -Kesetiakawanan antar karyawan sulit
dibina karena luasnya organisasi dan jumlah karyawannya yang banyak sehingga
karyawan tidak saling mengenal
-Koordinasi
sulit dilakukan karena kompleksnya susunan organisasi.
12. Organisasi fungsional adalah
organisasi ayng pimpinannya tidak mempunyai bawahan yang jelas. Apa kelebihan
dari organisasi fungsional ini?
Jawab : Pembagian tugas lebih jelas, dan spesialisasi karyawan
dapat dikembangkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin
13. Pekerjaan kantor menekankan kepada
fungsi kantor yaitu menyediakan suatu pelayanan mengenai komunikasi dan warkat.
Apakah fungsi dari pekerjaan kantor?
Jawab : -Memberikan pelayanan terhadap
pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan organisasi
-Menyediakan
informasi/keterangan bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan
-Membantu
kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan
Modul 3
Mengidentifikasi Pekerjaan Kantor
14. Jenis-jenis pekerjaan kantor sangat beragam, seperti
menggandakan. Menggandakan yaitu kegiatan melipat gandakan suatu dokumen,
seperti apakah contoh dari kegiatan menggandakan dokumen?
Jawab : Contoh dari kegiatan menggandakan dokumen yaitu foto
copy, mencetak informasi dengan printer/risograf dalam jumlah yang banyak (lebih
dari satu)
15. Bertelepon, korespondensi, chatting
dan teleconference merupakan kegiatan pekerjaan kantor. Jenis pekerjaan kantor
apakah yang kegiatannya seperti itu?
Jawab : Bertelepon, korespondensi, chatting dan teleconference
termasuk ke dalam jenis kegiatan kantor yaitu melakukan komunikasi
16. Untuk menunjang tugas utama
perusahaan maka diperlukan presentase pekerjaan. Berapakah presentase dari
typing, calculating, dan telephoning?
Jawab : -Presentase pekerjaan typing yaitu
sebanayk 24,6%
-Presentase
pekerjaan calculating yaitu sebanyak 19,5%
-Presentase
pekerjaan telephoning yaitu sebanyak 8,8%
17. Selain jenis-jenis pekerjaan kantor,
ada juga hasil jasa/produk pekerjaan kantor. Seperti surat, surat adalah media
komunikasi tertulis yang berisi buah pikiran/informasi yang disampaikan kepada
pihak lain untuk mendapatkan tanggapan. Apa kegunaan dari surat ini?
Jawab : Kegunaan surat yaitu sebagai alat komunikasi secara
tertulis, sebagai alat bukti tertulis yang sangat otentik, dapat menjadi nilai
historis, dan lain-lain
18. Laporan mempunyai fungsi yaitu sebagai bahan pertanggung
jawaban, alat penyampaian informasi, alat pengawasan, dan lain-lain. Apa yang
dimaksud dengan laporan?
Jawab : Laporan adalah suatu bentuk penyampaian informasi, data,
atau berita baik secara lisan maupun tertulis.
Modul 4
Mengidentifikasi Sarana dan Prasaran
AP
19. Peralatan/perlengkapan kantor adalah
alat/bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor, sehingga
menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesai lebih cepat, tepat, dan
baik. Apa saja jenis-jenis peralatan/perlengkapan kantor dilihat dari
bentuknya?
20. Ruang kantor terbuka adalah ruangan dimana semua kegiatan
karyawan dilakukan bersama-sama dalam satu ruangan tanpa dipisahkan oleh tembok
ataupun penyekat dari kayu. Apa keuntungan dari ruang kantor terbuka?
Jawab : -Mudah merubah ruangan
-Mudah
dalam berkomunikasi
-Mudah
dalam pengawasan
21. Penyimpanan merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh satuan kerja atau petugas gudang untuk menampung hasil pengadaan
barang/bahan kantor, baik berasal dari pembelian, instansi lain, atau yang
diperoleh dari bantuan. Apa tujuan dari penyimpanan barang/bahan kantor?
Jawab : -Agar barang tidak cepat rusak
-Agar
tidak terjadi kehilangan barang
-Agar
tersusun rapi sehingga mudah ditemukan apabila barang tersebut dicari
Modul 5
Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Perkantoran
Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Perkantoran
22. Personil kantor adalah pegawai, anak buah, awak. Apa saja
yang termasuk kedalam personil kantor dan jelaskan!
Jawab : -Pegawai negeri yaitu pegawai yang
bekerja pada instansi pemerintah dan digaji oleh pemerintah
-Pegawai
swasta yaitu pegawai yang bekerja pada perusahaan swasta/diluar instansi
pemerintah dan digaji oleh perusahaan swasta tersebut
-Pegawai
tetap yaitu pegawai yang sudah diangkat resmi memiliki status pegawai dengan
gaji dan tunjangan tetap, baik bekerja di instansi pemerintah maupun swasta
23. Macam-macam personil kantor ada 4 macam salah satunya
yaitu Administrator atau petugas pelaksana administrasi. Apa yang dimaksud dari
Administrator atau petugas pelaksana administrasi?
Jawab : Administrator atau petugas pelaksana administrasi yaitu
orang yang menentukan garis-garis besar kebijakan dan tujuan yang harus
dijalankan oleh kantor sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan
24. Selain Administrator atau petugas pelaksana administrasi, ada
juga macam personil kantor lainnya seperti Staf atau pembantu ahli. Apa yang
dimaksud staf atau pembantu ahli ini?
Jawab : Staf atau pembantu ahli yaitu para tenaga ahli yang
karena kecakapan dan kemampuan dalam bidangnya, bertugas membantu administrator
dan manajer dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan kantor
25. Ada 3 tahap dalam pengadaan personil kantor. Yaitu tahap
analisis jabatan, rekrutmen, dan seleksi. Apa yang dimaksud dari tahap
rekrutmen?
Jawab : Rekrutmen adalah proses usaha untuk mencari dan
mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan kerja yang ada dalam
suatu persuahaan atau instansi, baik instansi swasta maupun pemerintah
26. Mutasi personil kantor yaitu pemindahan karyawan dari satu
jabatan ke jabatan lain. Mutasi dapat dilakukan secara horizontal ataupun
vertikal. Didalam cara vertikal, terbagi menjadi promosi dan demosi. Apa yang
dimaksud promosi dalam memutasi personil kantor dengan cara vertikal?
Jawab : Promosi adalah pemindahan karyawan dari satu jabatan ke
jabatan lain yang lebih tinggi disertai dengan wewenang dan tanggung jawab yang
lebih besar.
27. Macam-macam mutasi sangat beragam. Apa saja macam-macam
mutasi bila ditinjau dari tempat kerja karyawan?
Jawab : -Mutasi antarurusan
-Mutasi
antarseksi
-Mutasi
antarbagian
-Mutasi
antarbiro
-Mutasi
antarinstansi
Sumber : Modul Fotocopy-an
Pokok-pokok Organisasi
28. Setiap organisasi dibentuk karena adanya suatu tujuan tertentu.
Tujuan ini bukan saja harus diketahui secara pasti melainkan, juga harus
dirumuskan dengan jelas dan sebaiknya secara tertulis. Apa yang dimaksud dengan
tujuan organisasi?
Jawab : Tujuan organisasi adalah landasan utama bagi semua
organisasi tujuan itu kelak akan merupakan pedoman terpenting dalam penetapan
haluan-haluan organisasi
29. Adapun anggota organisasi yaitu tenaga staf. Apa yang
dimaksud dengan tenaga staf?
Jawab : Staf ialah mereka yang membantu pimpinan organisasi,
baik kedudukannya sebagai pimpinan unti lini yang lebih rendah maupun staf
pembantu yang bertanggung jawab atas terlaksananya kegiatan penunjang dalam
organisasi
30. Tugas dan kewajiban staf atau pejabat staf beserta unit staf
yang dipimpinnya tergantung dari apa saja?
Jawab : -Maksud atau tujuan yang harus dikejar
atau dicapai
-Kedudukan
line executive atau line manager yang harus dibantu dan
-Wewenang
lini (lini authority) yang dilimpahkan (didelegasikan) kepadanya oleh atasannya
(line executive)
31. Jika dilihat dari segi perannya, maka
staf dapat dibedakan atas dua golongan yaitu Advisory staf dan Service staf.
Aapa tugas dari Advisory staf?
Jawab : Advisory staf bertugas memberi pertimbangan-pertimbangan
kepada pimpinan kantor
32. Pemberian pertimbangan yang matang kepada pimpinan
dilakukan dengan mengadakan proses kegiatan-kegiatan pendahuluan. Apa saja
proses kegiatan-kegiatan pendahuluan itu?
Jawab : -Penelitian
-Analisis
fakta-fakta dan informasi lainnya
-Interpretasi/evaluasi
-Membuat
kesimpulan
-Merumuskan
saran pertimbangan
33. Pada hakekatnya sebelum saran diajukan staf kepada pimpinan
kantor, saran-saran tersebut perlu analisa. Saran staf yang baik adalah saran
yang memenuhi persyaratan-persyaratan. Apa saja saran yang memenuhi
persyaratan-persyaratan?
Jawab : -Lebih dari satu alternatif yang
diajukan pimpinan kantor
-Setiap
alternatif disertai dengan penjelasan yang lengkap, tepat jelas tetapi singkat
-Aksentuasi
(penekanannya) yang jelas mengenai hasil perkiraan staf mengenai alternatif
yang dipandang terbaik
-Staf
harus membuktikan bahwa staf telah bekerja atas prinsip “completed staf work”
yang berarti pimpinan tidak perlu lagi meminta keterangan tambahan atau
menanyakan sesuatu kepada staf yang memerlukan penelahaan
34. Hubungan pimpinan kantor dan staf, hubungan adalah proses
pengalihan (transfer) sesuatu dari satu orang atau unit lain kepada unit
lainnya. Apa saja macam-macam jenis dari hubungan antara pimpinan dengan staf?
Jawab : -Perintah tertulis
-Laporan
-Hubungan
pimpinan dan nasehat
-Rapat
atau konferensi
-Memberi
bimbingan dan nasehat
35. Wewenang (Authority) adalah alat untuk melakukan suatu perbuatan
atau tindakan. Wewenang dibagai menjadi 3, yaitu wewenang garis, wewenang staf,
dan wewenang fungsional. Apa yang dimaksud dari wewenang fungsional?
Jawab : Wewenang fungsional yaitu kekuasaan seorang manajer yang
berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pegawai sesuai dengan bagian tertentu
36. Wewenang dapat didelegasikan dari suatu pihak kepada pihak lain.
namun tentu saja tidak semua wewenang dapat didelegasikan. Sifat pendelegasian
harus disesuaikan dengan fungsi, kemampuan, dan ruang lingkup tingkatannya. Apa
yang dimaksud dengan pendelegasian wewenang?
Jawab : Pendelegasian wewenang adalah memberikan wewenang kepada
seseorang untuk melaksanakan tugas-tugas atau nama pihak yang
memberikan/mendelegasikan wewenang tersebut
37. Pendelegasian wewenang merupakan proses dalam pembagian
pekerjaan antara atasan dan bawahan yang masing-masing mempunyai tugas dan
wewenangnya. Apa saja sumber-sumber wewenang?
Jawab : -Teori wewenang formal (Formal
authority theory)
-Teori
penerimaan wewenang (Acceptance authority theory)
-Wewenang
karena situasi (Authority of the situation)
-Wewenang
posisi (Position authority)
-Wewenang
teknis/wewenang computer (Technical authority/computer authority)
-Wewenang
hukum (Yuridis Authority)
38. Ada sepuluh macam wewenang yang harus diketahui. Apa saja ke
sepuluh macam wewenang tersebut?
Jawab : -Wewenang Program
-Wewenang
Organisasi
-Wewenang
Personalia
-Wewenang
Anggaran
-Wewenang
Motivasi
-Wewenang
Perencanaan
-Wewenang
Pengawasan
-Wewenang
Perintah
-Wewenang
Kebijaksanaan
-Wewenang
Pengambilan keputusan
39. Apa yang dimaksud dengan Wewenang anggaran atau Budgeting
authority?
Jawab : Wewenang anggaran yaitu wewenang yang berhubungan dengan
keuangan, dengan menyusun sebuah rencana anggaran biaya dalam usaha untuk
mencapai tujuan organisasi
40. Tanggung jawab timbul karena adanya hubungan antara atasan
dan bawahan yang melaksanakan sebagian dari tugas orang lain. Tanggung jawab
tercipta karena adanya penerimaan wewenang. Tanggung jawab harus sama besarnya
dengan wewenang yang dimiliki. Apa saja macam-macam tanggung jawab?
Jawab : -Tanggung jawab kepada Tuhannya
-Tanggung
jawab terhadap Masyarakat/Negara
-Tanggung
jawab terhadap Politik
-Tanggung
jawab terhadap Hukum
-Tanggung
jawab terhadap Jabatan
-Tanggung
jawab terhadap Lembaga
-Tanggung
jawab terhadap
BAGIAN-BAGIAN SURAT
1. Kepala Surat
Pada umumnya,
organisasi badan hukum, dan perusahaan mempunyai kertas kop surat yang tercetak
logo dan nama perusahaan lengkap. Dengan demikian, dalam menyusun surat, mereka
dapat langsung menulis alamat, isi surat dan kaki surat. Seperti yang erlihat
pada rangkaian surat, kepala surat memuat nama badan/organisasi atau
perusahaan, alamat lengkap, nomor telpon, nomor teleks, faksimili, tromol pos,
kotak pos, alamat kawat, nama kantor cabang, nama bankir perusahaan, jenis
aktivitas ataupun bidang usaha dan lambang atau logo.
Kepala surat bisnis,
surat jabatan, atau dinas, umumnya dicetak dibagian tengah atas lembar kertas
surat. Meski demikian, tidak ada salahnya jika kepala surat jabatan atau dinas
dicetak di sebelah kiri atas, sesuai dengan keinginan artistik perusahaan.
Fungsi Kepala Surat
(Kop Surat) yaitu :
a. Sebagai alat pengenal (Identitas),
b. Sebagai alat Informasi,
c. Sebagai iklan, pasa perusahaan-perusahaan
tertentu.
2. Tanggal Surat
Setiap membuat surat
sebaiknya selalu diberi tanggal, gunanya untuk mempermudah petunjuk waktu
membalas surat dan mempermudah pengingatan kembali serta mengagendakan surat
atau isi penerima surat. Penulisan tanggal pada surat tidak semata-mata hanya
mencantumkan lambing atau angka tanggalnya saja, akan tetapi harus dirangkaikan
secara lengkap bulan dan tahunnya. Pada akhir penulisan tanggal sesudah selesai
mengetik angka tahun tidak perlu diberi tanda titik.
Fungsi Tanggal Surat
yaitu:
a. Referensi,
b. Alat pemberi informasi tentang waktu,
c. Tanda waktu iklan yang dikeluarkan oleh
kantor atau perusahaan.
Contoh:
Benar Salah
21 Maret 2010 21
Maret, 2010
15 Juni 2009
15-Juni 2009
8 Agustus 1945
8-08-45
3. Nomor Surat
Setiap surat resmi
baik surat dinas pemerintahan maupun swasta, biasanya dilengkapi dengan kode
nomor. Kita kenal ada beberapa bentuk penyusunan kode nomor surat. Ada yang
menyusun berdasarkan pokok persoalan dengan lambing berupa bilangan atau dengan
huruf, ada pula yang menyusun berdasarkan bulan, dan ada yang menyusun
berdasarkan inisial dan instansi atau perusahaan yang bersangkutan.
Fungsi Nomor Surat
yaitu :
a. Alat petunjuk bagi petugas filing,
administrasi dan kearsipan,
b. Alat pengukuran kegiatan kantor yang
berhubungan dengan surat pada suatu periode tertentu,
c. Sebagai referensi dan petubjuk unit asal
surat.
4. Lampiran
Lampiran pada
surat-surat “Dinas Pemerintah” dicetak serangkai dengan nomor, lampiran dan
perihal atas bgian alamat. Lain halnya pada surat niaga, lampiran diletakan
sesudah nama dan jabatan penandatangan surat. Untuk surat resmi dinas
pemerintah cukup disebutkan berapa lembar yang diikut sertakan dalam surat
tersebut. Sedangkan untuk surat-surat niaga pada umumnya semua yang dilampikan
disebutkan satu persatu sebagaimana yang akan dikirim.
Lampiran berfungsi
sebagai petunjuk tentang dokumen yang harus disertakan bersama surat yang
bersangkutan.
5. Hal atau Perihal
Hal atau perihal
merupakan kesimulan pkok dan isi surat. Dalam meletakan posisi atau kedudukan
perihal atau hal pada surat, hal ini dipengaruhi oleh bentuk surat itu sendiri
sehubungan posisi letaknya.
Fungsi Hal sebagai
pemberi informasi oleh siapa surat tersebut dibuat atau diketik, ataupun
dikonsep dan untuk memudahkan pemeriksaan kembali apabila terjdi kekeliruan.
6. Alamat Dalam
Alamat surat terdiri
dari alamat luar untuk sampulnya dan alamat dalam surat itu sendiri. Penulisan
alamat tersebut harus lengkap dan jelas. Bentuk penyusunan pada pengetikannya
di dalam alamat surat dipengaruhi pula oleh bentuk surat itu sendiri dan begitu
pula pada sampulnya serta penggolongan surat.
Alamat dalam berfungsi
sebagai :
a. Sebagai petunjuk bagi petugas filing,
administrasi dan kearsipan
b. Sebagai petunjuk alamat luar pada amplop.
7. Salam Pembuka
Salam Pembuka
berfungsi sebagai salam penghormatan dan pertanda bahwa pembicaraan pada isi
surat akan dimulai. Dalam surat berbangsa indonesia, kata-kata yang dipakai
sebagai salam pembuka umumnya berbunyi :
§ Dengan hormat,
§ Assalamu’alaikum Wr. Wb.,
§ Salam bahagia,
§ Sahabatku yang terbaik,
§ Tuan/Tuan-tuan yang terhormat,
§ Dan sebagainya.
8. Pembukaan Surat
Pembuka Surat
berfungsi sebagai pengantar pada isi surat. Tujuannya agar si penerima
mengetahui alasan surat tersebut. Mskipun kelihatannya mudah, namun masih
banyak yang salah menggunakan kalimat pembuka.
Contoh-contoh bentuk
kalimat pembuka surat :
Dengan surat ini kami.
. . .
Membalas surat Saudara
tanggal . . .. No. . . dengan ini kami. . . .
9. Isi Surat
Isi Surat merupakan
uraian tentang maksud pembuatan surat atau Perihal atau Hal. Isi surat adalah
masalah pokok yang hendak dikemukakan oleh si pembuat surat. Isi surat harus
ditulis dengan jelas, tidak bertele-tele, dan harus sama dengan apa yang
dinyatakan dalam perihal atau Hal. Bila pokok pikiran yang hendak dikemukakan
ada dua atau lebih, sebaiknya masing-masing pokok pikiran tersebut dituliskan
dengan alinea tersendiri.
10. Penutup Surat
Penutup surat
merupakan kesimpulan yang berfungsi sebagai kunci isi surat. Umumnya berisi
ucapan terima kasih terhadap semua hal yang dikemukakan dalam isi surat
hendaknya penutup isi surat ditulis secara singkat dan jelas.
Contoh :
Atas perhatian dan bantuan
Bapa, kami ucapkan terima kasih.
11. Salam Penutup
Salam penutup
berfungsi sebagai tanda bahwa pembicaraan telah selesai dan surat siap untuk
ditanda tangani. Disamping itu, salam penutup juga berfungsi sebagai salam
basa-basi atau penghormatan.
Contoh :
☺ Wassalam
☺ Salam Kami
☺ Teriring salam dan doa
☺ Hormat kami,
12. Nama Instansi
Bentuk dan penyusunan
dan pengetikan nama perusahaan atau instansi disesuaikan dengan bentuk surat
yang digunakan dan diketik dengan huruf Kapital.
Contoh:
Hormat kami,
PT SUMBER REJEKI
13. Tanda Tangan
Tanda tangan berfungsi
menyatakan identitas penanggung jawab surat dan sebagai petunjuk bahwa surat
itu bersifat resmi dan siap dikirimkan karena sudah ditanda tangani.
Contoh :
Hormat kami,
PT.MAESTRO BHAKTI
Tanda tangan
Wahyudi
Direktur
14. Nama yang menandatangani
Nama yang bertanggu
jawab terhadap surat tersebut maka hendaknya dicantumkan dengan jelas pada awal
kalimat tersebut huruf capital dan akhir nama tidak diberi titik kecuali singkatan
nama atau jabatan.
15. Jabatan
Nama Jabatan perlu
dicantumkan agar mengetahui siapa yang mengirim surat tersebut dan siapa yang
berhak atas surat yang dibutuhkan.
Contoh:
Herman Sanjoyo
Direktur Utama
16. Tembusan
Tembusan atau tindasan
dibuat apabila surat itu ditunjukan kepada pihak lain yang berhubungan atau
berkepentingan dengan isi surat, pembuat surat cukup menyebutkan berapa
tembusan yang diikutsertakan dalam surat.
Contoh:
Tembusan
Departemen Agama
Wali Kota
Direktur Jendral
17. Inisial
Dengan adanya inisial
akan lbih mudah kita mengetahui siapa pengetik dan penandatangan surat
tersebut.
Contoh :
Bila surat tersebut
diketik oleh Yuhana Arisandi (Inisial YA) dan ditandatangani oleh Felix
Tampubolon (FT) maka penulisan Inisial dalam surat adalah YA/FT.
Dalam surat resmi
dinas pemerintahan, penulisan inisial tidak diperlukan. Surat tersebut cukup
diparaf oleh pengonsep surat pada konsepnya saja, sedangkan bentuk asli dan
tindasannya tidak perlu diparaf.
Soal Latihan
Pilihan Ganda
Di bawah ini adalah
fungsi kop surat (kepala surat), kecuali….
Sebagai alat pengenal
Sebagai alat informasi
Sebagai iklan pada
perusahaan tertentu
Sebagai lampiran
Alat pemberi informasi
tentang waktu, termasuk salah satu fungsi….
Kop surat
Tanggal surat
Nomor surat
Lampiran
Dibawah ini termasuk
kata-kata salam pembuka, kecuali….
Dengan hormat,
Assalamualaikum, wr.
wb.
Salam bahagia,
Hai, apa kabar,
Dibawah ini yang bukan
termasuk kalimat pembuka adalah….
Dengan ini kami
beritahukan bahwa,
Dengan ini kami minta
tuan,
Bersama surat ini saya
nyatakan,
Bersama ini kami
sampaikan kepada saudara,
Dibawah ini fungsi
surat adalah….
Sebagai pengurai
materi pokok dan subjek lainnya
Sebagai tanda
pembicaraan selesai
Sebagai referensi
Sebagai tanda
pembicara dalam surat akan dimulai
Dibawah ini beberapa
contoh kalimat penutup, kecuali….
Atas perhatian saudara
kami ucapkan banyak terima kasih.
Kami menunggu kabar
dari Tuan. Terima kasih.
Sambil menunggu
balasan Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Demikinlah agar maklum
hendaknya.
Petunjuk bagi penerima
surat termasuk fungsi….
Alamat surat
Isi surat
Tembusan
Perihal
Dibawah ini contoh
dari tanggal surat yang benar adalah….
21 November, 2008
12 – Juni 2008
8 Agustus 2008
8-08-08
Masalah pokok yang
hendak dikemukakan oleh si pembuat surat disebut….
Kalimat pembuka
Isi surat
Kalimat penutup
Singkatan (inisial)
Beberapa fungsi
perihal dibawah ini kecuali….
Sebagai referensi
Sebagai petunjuk
alamat luar pada amplop
Sebagai petunjuk
tentang intisari dari isi surat
Sebagai petunjuk bagi
petugas filing, administrasi dan kearsipan
Essay
Sebutkan beberapa
fungsi surat ?
Jawab: Sebagai wakil dari penulis dan
pengirimnya, sebagai urusan organisasi atau instansi yang bersangkutan, sebagai
bukti tertulis dalam berbagai perjanjian dan kegiatan, sebagai bukti histories
dalam berbagai kegiatan masa lampau, sebagai pedoman untuk melanjutkan usaha
dan hubungan kerja sama dan alat pengingat masa lampau.
Apa yang dimaksud
dengan bentuk surat ?
Jawab: Yang dimaksud dengan bentuk surat ialah
susunan letak bagian-bagian surat
Apa yang dimaksud
dengan surat ?
Jawab: Surat adalah merupakan salah satu alat
tata hubungan untuk menyampaikan suatu perasaan baik pribadi, badan maupun
organisasi kepada pihak lain secara tertulis.
Sebutkan faktor-faktor
surat yang memudahkan manusia berkomunikasi !
Jawab: 1. biaya relatif rendah,
2. orang dapat berkomunikasi sesuai
dengan kehendaknya secara lengkap,
3. surat dapat diarsipkan
sebagai bukti hitam diatas putih.
Sebutkan jenis-jenis
surat berdasarkan keamanan isi surat !
Jawab: 1. surat sangat rahasia
2. surat rahasia
3. surat konsfidensial
4. surat biasa
gai
bukti tertulis dalam berbagai perjanjian dan kegiatan, sebagai bukti histories
dalam berbagai kegiatan masa lampau, sebagai pedoman untuk melanjutkan usaha
dan hubungan kerja sama dan alat pengingat masa lampau.
Apa yang dimaksud
dengan bentuk surat ?
Jawab: Yang dimaksud dengan bentuk surat ialah
susunan letak bagian-bagian surat
Apa yang dimaksud
dengan surat ?
Jawab: Surat adalah merupakan salah satu alat
tata hubungan untuk menyampaikan suatu perasaan baik pribadi, badan maupun
organisasi kepada pihak lain secara tertulis.
Sebutkan faktor-faktor
surat yang memudahkan manusia berkomunikasi !
Jawab: 1. biaya relatif rendah,
2. orang dapat berkomunikasi sesuai
dengan kehendaknya secara lengkap,
3. surat dapat diarsipkan
sebagai bukti hitam diatas putih.
Sebutkan jenis-jenis
surat berdasarkan keamanan isi surat !
Jawab: 1. surat sangat rahasia
2. surat rahasia
3. surat konsfidensial
4. surat biasa
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !