Headlines News :

PROFIL

Ujang Murana Wiajya, 23 Juli 1990

Senin, 14 April 2025

Home » » Soal UAS Pemograman dasar Kelas X TKJ

Soal UAS Pemograman dasar Kelas X TKJ

Written By Unknown on Thursday, May 14, 2015 | 8:24 AM

UAS
Pemograman dasar
Kelas X TKj

Soal Pemrograman Dasar Kelas X
1.      Perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan computer disebut ….
a.  System Operasi 
b.  Spreadsheet 
c.  Bahasa Pemrograma
d. Software Utility
e.  Word Processing
2.      Dalam ekspresi Boolean yang harus diuji adalah nilai ….
a.    True/False 
b.    Up/Down             
c.    Height/Weight
d.   Right/Left                   
e.    On/Off        
3.      Yang bukan merupakan ciri-ciri dari Pseudocode adalah ……..
a.       Bervariabel                
b.      Berfungsi seperti flowchart 
c.       Bergambar
d.      Menjelaskan Algoritma
e.       Benar Semua

4.      Nama lain dari flowchart adalah ….
     a.  Algoritma        b.  Alur      c. Bagan alir   d. Tree           e. Diagram
5.      Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah tipe data …
a.       Array         b. String            c. Record         d. Subrange                       e. Character
6.      Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut ….
a.       Algoritma
b.      Variabel
c.       Konstanta
d.       Flowchart 
e.       Tipe data    

7.      Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….
a.       Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah
b.      Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
c.       Nilai dari suatu variabel
d.       Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user
e.       Variabel yang nilainya kosong
8.      Jika ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga, maka tipe data yang   digunakan adalah jenis ….
a.       Gambar/imag
b.      Record
c.       Char
d.      Array
e.       Boolean                                         
9.      Bilangan genap adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya …..
              a. 4                     b. 3                   c. 2                  d. 1                  e. 0            

            
10.  Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang   menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
a.    Flowchart                            
b.    Data flow                         
c.    Coding
d.   Pseudocode                       
e.    Aplikasi                  
11.  Bilangan ganjil adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya .….
  a.  0                     b. 1                 c. 2                  d. 3                  e.  4                         
12.  Variabel yang nilai bersifat berubah-ubah, dapat di isi dan dikosongkan adalah ….
a.       Algoritma 
b.      Konstanta 
c.       Variabel
d.       String
e.       Boolean 
13.  Variabel logika yang berhubungan dengan operator OR, AND, dan NOT  merupakan variabel dengan tipe data ….
a. Array               b.  Numerik          c. String         d. Boolean         e. Algoritma
14.  Tipe data yang memungkinkan sebuah variabel mengandung banyak nilai dalam satu waktu dan bersifat homogen adalah ..…
 a. Algoritma       b. Konstanta          c. Array          d. String           e. Boolean
15.  Yang menunjukkan awal dan akhir pada sebuah flowchart, adalah .....
         a. Data Flow       b. Data       c. Terminator       d. Decision         e. Process       
16.   Merupakan algoritma yang dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk   
      tertentu, adalah pengertian dari .....
  a. Algoritma                                c. Pseudocode                 e. Konstanta 
  b. Array                                       d. Flowchart

17.  Berfungsi untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan/pengurangan suatu
      variabel counter, adalah .....
  A. Terminator                             C. Process              E. Preparation                       
  B. Decision                                 D. Arrows

18. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama .....
  A. Data Store                              C. Connector                                   E. Decision
  B. Process                                  D. Terminator

19. Merupakan tempat menampung dan menyimpan satu atau lebih nilai, adalah
      pengertian dari …..
  A. Variabel       B. Konstanta       C. Numerik          D. String        E. Boolean
                                   
20. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika,  
      adalah pengertian …..
  A. Variabel          B. Konstanta       C. Numerik          D. String        E. Boolean

21. Dibawah ini aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
       a. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci
       B. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus
       C. Nama variabel harus diawali dengan angka
       D. Nama variabel harus diawali dengan huruf
       E. Tidak boleh menggunakan spasi

22.  Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data nama_siswa adalah menggunakan tipe data ….
A. Numeric                                 C. Date time                          E. Integer
B. Varchar                                   D. Array

23.   Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data tanggal lahir adalah  menggunakan tipe data …..
A. Numeric                                 C. Date time                       E. Integer
 B. Varchar                                  D. Array

24. Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan bahwa algoritma harus mamiliki sifat ...
A. Cepat                                      C. Rumit                                E. Logis
B. Berurutan                              D. Realistis

25. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil. 
 A. Input           C. File                                   E. Database                                                                                        
 B. Masalah                                 D. Proses

Essay
1. Sebutkan Sintaks yang digunakan untuk mengakhiri program
2. Sebutkan Sintaks yang digunakan untuk menuliskan program
3. Apa perbedaan algoritma dan flowchart ?
4. Sebutkan 3 cara menuliskan algoritma, jelaskan ?

5. Sebutkan aturan dalam pemberian nama variable ?
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Recent Post

Mampir Dulu
 
Support : Creating Website | UJANG MURNA WIJAYA Template | AA UJANG
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ujang Murana Wijaya - All Rights Reserved
Template Design by CREATIVE Published by JAMUR