PERANAN
PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL DALAM
MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT
Makalah
![]() |
Disusun
oleh:
PROGRAM MAGISTTER PENDIDIKAN
IPS
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
PASUNDAN CIMAHI
2014
BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Jejaring sosial adalah
struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi.
Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan
sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.
Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial
yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi)
yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi,
ide, teman, keturunan, dll.
1.2.
Sejarah
Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat
dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk
mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh
Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman
sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999
adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan
jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh
Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara
1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman
dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan
hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan
lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh
dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari
strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo!
360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV
(UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari
200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
BAB
II
KAJIAN PUSTAKA
2.1. Layanan
Jejaring Sosial
Banyak layanan
jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam
bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video,
chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring
sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat
meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya.
Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk
dapat saling sharing didalamnya. Macam-macamnya sebagai berikut:
a)
Facebook
Pengertian facebook
menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial
populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark
Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid
Ardsley High School.
Atau dapat juga
diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark
zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna
dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil
lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan
berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi yang sudah
mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi
dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman
facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya,
tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook
baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita
tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal
lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan
langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang
belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email
dulu.
Sejarah facebook
berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984
dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook.
Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard
College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain
di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester,
Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam
kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang
memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari
seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya
dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa
perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka
pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah
pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti
friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook.
Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri
Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar
10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya, langkah
yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus
berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya.
Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada
2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di
tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar
US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk
jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah
melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!
b)
Twitter
Setelah kita mengenal
Friendster, Facebook, Myspace dan situs jejaring sosial lainnya, Twitter seakan
menyeruak hadir dengan format yang berbeda. Konsep yang diusung oleh Twitter
adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di dalam
kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh dunia.
Pengguna Twitter dapat
menyebarkan informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa melalui situs
Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti
Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser
Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori
mikroblog, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya menuliskan
informasi pesan secara singkat. Panjang pesan tersebut biasanya kurang dari 200
karakter.
Ide pembuatan media
online Twitter adalah berawal dari pertanyaan sepele yaitu “Apa yang
teman-teman lakukan saat ini ?”. Maka Twitter berupaya menjembatani pertanyaan
tersebut kepada penggunanya dengan kembali bertanya “What are you doing?”.
Jawaban itu akan disebarluaskan oleh Twitter melalui fasilitas antarmuka
(dashboard) penggunanya. Twitter juga menyediakan aplikasi antarmuka tersebut
tampil di website/blog penggunanya.
Jika layanan pesan
berbasiskan SMS hanya mampu mengirimkan informasi kepada pengguna yang dikenal,
maka Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi kepada semua
orang baik yang dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan keberadaan
penggunanya. Penyampaian pesan dalam Twitter umumnya tanpa berharap mendapatkan
balasan/respon dari pembacanya.
Contoh untuk urusan
sosial, Twitter mampu memberikan informasi cepat tentang keberadaan kita atau
yang akan kita lakukan. Misal “Aku mau makan malam ikan bakar nih, kalau ada
yang mau ikut, nyusul aja ke Jl. Anu”. Orang lain yang menjadi pengikut Twitter
kita akan mengetahui berita tersebut dan respon akan tercipta
Untuk urusan bisnis,
Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog
terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan konsumen. Twitter
juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.
Saat ini, layanan
Twitter banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pemerintah (misal
Israel), organisasi (misal NASA), politikus (misal Barack Obama), selebritis
misal Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk, Samantha Ronson dengan nama akun
jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun ztnewetep, John Mayer dengan nama
akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama akun mrskutcher. Mereka semua
begitu rajin meng-update apa yang sedang mereka lakukan beberapa menit sekali.
Bali Orange juga
menggunakan Twitter untuk memberikan status pelayanan secara real time baik itu
kepada pelanggannya maupun kepada pengunjung website. Status informasi terkini
kami tampilkan di website maupun blog ini.
c)
Friendster
Friendster adalah sebuah situs
untuk melihat seluruh orang secara manual, dimana di situs itu berguna untuk
melihat melihat teman-teman seperkenalan kita, baik yang pernah bertemu atau
tidak. Dan juga friendster itu bisa meletakkan profile ( bioadata, fhoto, dsb
).
Untuk bisa menjadi
anggota di Friendster tersebut. Terlebih dahulu kita harus punya E-mail. Jadi,
nah kalo misalkan kita tidak memiliki E-mail, berarti kita harus mendaftar.
Tapi jika sudah memiliki E-mail, berarti kita tinggal mendaftar secara langsung
tanpa harus memikirkan lagi E-mail apa yang harus dimasukkan.
Kita tentu tak asing
lagi dengan kata Friendster. Nama tersebut telah lama melekat di benak pengguna
internet, khususnya mereka yang gemar mencari teman dan membangun jaringan
pertemanan di dunia maya. Demikian populernya, hingga mendorong berbagai
content provider untuk menghadirkan situs layanan serupa. Jadi, jangan heran
kalau saat ini Friendster sudah punya banyak “teman.” Jangan ngaku anak gaul
kalau nggak punya account di Friendster.” Begitulah kira-kira komentar para
remaja yang telah menjadi anggota Friendster.
Mungkin masih banyak
komentar lain -dengan gaya bahasa yang lain lagi- yang intinya sama; ada yang
kurang kalau belum jadi anggota Friendster. Sebagian dari Anda mungkin tidak
setuju, namun mesti diakui kalau Friendster adalah fenomena baru bagi pengguna
internet, yang dapat membentuk komunitas tanpa batas setelah e-mail, mailing
list, dan instant messenger. Sebagai salah satu situs pertemanan, Friendster
paling banyak diminati di Indonesia. Sementara di Amerika Serikat, kawula mudanya
lebih gemar menjalin pertemanan di MySpace. Mari kita telaah layanan-layanan
tersebut satu-persatu. Kita mulai dari yang paling akrab dengan kita,
Frienster.
Sistem kerja
Friendster hampir mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita punya teman di
Friendster, secara otomatis kita akan masuk dalam jaringan teman kita tersebut.
Terus seperti itu, hingga terbentuk satu komunitas besar yang terus berkembang.
Yang unik dari Friendster ini, selain diskripsi diri lewat identitas dan foto,
layanan ini juga menyertakan testimonial yang diharapkan dapat menggambarkan si
empunya account dengan lebih obyektif. Ngomong-ngomong, siapa sih orang di
balik kesuksesan Friendster? Friendster yang dikelola perusahaan Friendster
Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California,
Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams, yang sekaligus kreator dari
Friendster. Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah
menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape
dan Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari McMaster
University.
Ketika perkembangan
Friendster memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, pengelolanya mendapat suntikan
dana US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004 Friendster
merekrut seorang profesional bisnis. Dia adalah Scott Sassa, mantan President
stasiun televisi NBC Entertainment.
Hingga 2006, pengguna
Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia.
Namun menurut survei comScore Media Metrix, tahun ini trafik pengunjung
Frienster cenderung menurun. Kalau bulan Oktober 2005 Friendster dikunjungi 1,7
juta pengguna internet (unique visitor), maka pada bulan April 2006
pengunjungnya tercatat hanya 1 juta orang.
d)
Mig33
Mig33 Merupakan Aplikasi
Chat Berbasis Java. Mig33 adalah komunitas mobile yang menyediakan fasilitas komunikasi
dengan teman-teman dan keluarga melalui berbagai macam layanan online di dalam
handphone, PC. Dengan mig33,Kita Dapat chating dan mengirim sms, email,menelpon
ke luar negeri dengan murah, tukeran foto, komunikasi dengan teman lama dan
bahkan saling bertemu
e)
Skype
Skype adalah sebuah
aplikasi messenger seperti halnya Yahoo Messenger, MSN Messenger dll, tetapi
Skype lebih difokuskan pada layanan voice messenger ketimbang teks sehingga
Skype lebih dikenal sebagai aplikasi VoIP (Voice over Internet Protocol) yaitu
komunikasi suara melalui protokol Internet.
Dengan demikian kita
bisa melakukan panggilan (telepon) antar PC ke PC dengan biaya gratis disamping
itu kita juga dapat melakukan panggilan dari PC ke telepon rumah atau panggilan
dari PC ke ponsel atau sebaliknya dengan
biaya/tarif yang sangat murah dengan kualitas suara yang sangat bagus.
Keterangannya dapat dilihat di situsnya www.skype.com. (Aplikasi tersebut bisa
kita download dari situsnya dan cara installnya sangat mudah sekali).
Dengan fasilitas VoIP
tersebut kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja diluar sana dengan mudah
(dapat langsung dengan suara/ngobrol dengan biaya gratis) atau dengan teks
(selain chatting seperti biasa kita juga bisa kirim sms ke ponsel). Komunikasi
dapat dilakukan hampir-hampir real time.
Mekanisme real
time-nya sendiri adalah saat kita mengirim teks atau suara, penerima dapat
menerimanya hampir pada saat yang bersamaan sehingga dua pihak (atau sampai 4
pihak atau lebih (teleconference)) di tempat yang berbeda dapat berkomunikasi
dengan baik.
Skype juga menyebabkan
dunia telekomunikasi menjadi tidak terbatas, dengan memberikan pilihan bagi
para pemakainya untuk mengakses telepon. Skype yang dimasukkan ke dalam alat
teknologi seperti ponsel membuat konsumen ponsel dapat melakukan teknologi
telepon berbasis internet, dan sudah dimulai oleh motorola.
Dengan memanfaatkan
fitur nirkabel, kualitas akses telepon berbasis internet juga sangat mudah
dilakukan. Ketika PDA yang didalamnya sudah terinstall aplikasi Skype kemudian
terkoneksi dengan salah satu hotspot, sambungan koneksi Skype bisa dilakukan,
baik untuk telepon melalui jaringan internet tidak terbayar (gratis) apabila
menghubungkan sebuah komputer yang menggunakan Skype, atau tersambung ke ponsel
dan telepon rumah bila menggunakan layanan Skype Out yang memberlakukan tarif sangat
murah. (Diperjelas : bila dari PDA yang sudah terkoneksi salah satu hotspot,
menelepon ke komputer yang ada dirumah biayanya
gratis dan apabila dari PDA menelepon ke ponsel atau telepon rumah maka
diberlakukan tarif tapi sangat murah menggunakan layanan Skype Out).
Teman saya yang pernah
mengikuti pertukaran pelajar antara ITB dengan Finlandia juga pernah
menggunakan layanan yang disediakan oleh Skype. Daripada menelepon lewat ponsel
ke telepon rumah yang tarifnya sangat mahal maka teman saya ini memanfaatkan
Skype dengan cara menelepon dari komputer ke telepon rumah (dari Finlandia ke
Yogyakarta) dan tarifnya sangat murah sekali (kalau saya tidak salah Rp 250
permenit). Cara pembayarannya juga sangat mudah sekali, kita tinggal beli
voucher dari situs www.skype.com kemudian dipakai.
Skype memang teknologi
yang benar-benar kompleks karena banyak sekali fitur-fitur atau layanan-layanan
yang disediakan, selain telepon berbasis internet dengan biaya gratis, juga
bisa nonton TV gratis diinternet (saya baca di artikel, belum pernah dicoba
sih) dan merencanakan komunikasi video
secara real-time yang merupakan hal yang sangat menarik untuk dunia bisnis,
bisa dibayangkan sebuah layanan video yang memungkinkan orang menjual berbagai
jenis jasa, seperti konsultasi bisnis melalui Web, atau sebagai sarana
alternatif untuk mempertemukan penjual dan pembeli.
2.2. Manfaat
Jejaring Sosial
Tidak selamanya
jejaring sosial itu buruk. Tapi juga memiliki manfaat positif kok jika kita
menilai dan memanfaatkan secara positif. Inilah beberapa 8 Manfaat Positif
Jejaring Sosial.
1.
Mempelopori
Gerakan Reformasi dan Revolusi
Baca Lebih Lengkapnya tentang “Facebook dan Twitter
Mempermudah Revolusi dan Reformasi.” Memang kedua ini adalah solusi terbaik
dalam menyampaikan pendapat.
2.
Menjadikan
Orang Lebih Percaya Diri
Sebuah penelitian di Inggris membuktikan. Para
pengguna jejaring sosial itu memiliki tingkat kepercaya dirian yang lebih
tinggi daripada yang tidak. Karena mereka itu sering mengupload foto-foto yang
bergitu narsisi dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi.
3.
Mempermudah
Komunikasi
Yang namanya jejaring sosial itu adalah tempat untuk
berkomunikasi. Tapi berkomunikasinya lewat sebuah media yang bernama internet.
4.
Mempermudah
Menyampaikan Informasi
Kemungkinan Masa Depan itu adalah Masa yang serba
Online dan serba internet. Maka dari itu untuk mempermudah menyampaikan
informasi itu ya harus menyampaikannya dari jejaring sosial, karena jejaring
sosial itu memiliki trafik kunjungan yang besar.
5.
Bisa
Mendapatkan Uang dari Bisnis Online
Dengan jejaring sosial kita juga bisa mendapatkan
uang. Misalnya, anda memiliki Twitter yang difollow oleh 100 orang. Saya
sarankan anda itu harus menguangkan Twitter anda dengan cara menjadi publisher
di revtwt. Karena revtwt akan membayar per klik dari link yang anda promosikan
dari tweet anda.
6.
Bisa
Mempelajari Bahasa Asing
Yang namanya Jejaring Sosial itu umumnya bersifat
internasional dan Bahasa Internasional itu adalah Bahasa Inggris. Dengan
menggunakan jejaring sosial itu kita secara tidak langsung akan mempelajari
bahasa asing.
7. Bisa Berekspresi Sebebas-bebasnya
Maksudnya
kita itu memiliki hak dan kewajiban
untuk menyampaikan pendapat. Tapi menyampaikan pendapat secara sopan dan
berekspresi dengan sopan dan bertanggung jawab. Misalnya, kita membagikan link
di akun twitter kita. Tapi link tersebut isinya tentang ilmu pendidikan / hal
yang bermanfaat.
8. Menyelamatkan Kita dari Aksi Kriminal
Ada sebuah kasus bahwa ada seorang facebooker yang
selamat dari aksi maling. Pada saat itu ada maling masuk ke rumahnya dan
menahan salah satu anggota keluarganya. Lalu dia mengupdate status yang
berbunyi “HELPPP!.” Dan banyak temanya yang menanggapinya sebagai guroan tapi
akhirnya dia menyakinkan temanya bahwa itu serius. Lalu salah satu temannya
menelepon 911 dan polisi langsung ke TKP dan khirnya malin tersebut tertangkap
karena maling tersebut belum sempat kabur
2.3.
Dampak
Negatif Jejaring Sosial
Teknologi merupakan
hal mubah (boleh) yang hukumnya akan menjadi halal jika dipergunakan untuk
hal-hal positif dan bermanfaat namun bisa pula menjadi haram ketika teknologi
tersebut dipergunakan sebagai media dalam melakukan tindakan yang melanggar
aturan Islam. Maka dari itu bagi para orang tua, guru dan para pendidik
generasi menjadi sangat urgen dalam memberikan pendidikan terhadap efek negatif
internet terutama situs jejaring sosial yang sedang membius jutaan bahkan
milyaran umat manusia. Jangan sampai generasi yang akan menjadi generasi
penerus khilafah di muka bumi ini justru menjadi generasi yang merugi karena
keengganan kita dalam mendidik mereka dan memberikan pemahaman tentang efek
negatif jejering sosial sehingga mereka terperosok dan menjadi korban kejahatan
dunia maya. Berikut dibawah ini beberapa ulasan singkat tentang efek negatif
jejaring sosial terutama situs Facebook dan Twitter bagi anak dan remaja.
1.
Malas
Ini efek negatif yang paling sering ditemukan pada
anak atau bahkan bukan hanya anak. Mereka menjadi malas untuk belajar dan
beribadah, karena terlalu asyik dengan teman barunya di jejaring sosial. Hingga
pada akhirnya meninggalkan kewajiban-kewajiban yang seharusnya dikerjakan oleh
anak.
2.
Egois
Situs jejaring sosial akan membuat anak lebih
mementingkan diri sendiri. Anak menjadi tidak sadar dan peduli dengan
lingkungan sekitarnya karena waktu mereka dihabiskan didepan internet. Hingga
pada akhirnya mengakibatkan anak kurang bahkan tidak berempati dengan
lingkungan kehidupan mereka yang sesungguhnya. Kepekaan mereka terhadap
lingkungan sekitarnya menjadi mati terbunuh kesenangannya terhadap
teman-temannya di situs jejaring sosial.
3.
Merusak
Tata Bahasa
Situs jejaring sosial tidak memiliki aturan baku
yang berlaku bagi anak dalam melakukan interaksi dengan temannya disitus
jejaring sosial. Tidak ada tata bahasa baku untuk digunakan pada situs jejaring
sosial, ini membuat mereka berkomunikasi semau mereka sendiri dengan bahasa
mereka sendiri tanpa peduli dengan tata bahasa yang baik dalam berkomunikasi.
Hal ini perlahan tapi pasti membunuh kemampuan komunikasi yang baik dan benar
seperti yang dilakukannya dalam berinteraksi didunia nyata selain itu juga
membunuh keterampilan menulis mereka yang sesuai dengan ejaan yang baku dan
benar di sekolah.
4.
Makanan
Predator
Situs jejaring sosial ibarat lahan subur bagi para
predator internet dalam melakukan kejahatan. Kita tidak pernah tahu apakah
teman yang mereka temukan adalah benar-benar orang yang berniat baik untuk
berteman, dan kita pun tidak pernah tahu apakah teman tersebut memberikan
identitas yang sesungguhnya seperti keadaannya didunia nyata. Ketika seorang
anak mempercayai 100% temannya di situs jejaring sosial maka hal ini sangat
mungkin membahayakan keadaan anak dari tindak kejahatan baik fisik maupun
psikis.
Maka dari itu, bagi
para guru, orang tua dan para pendidik generasi, efek negatif situs jejaring
sosial haruslah disampaikan kepada anak. Ini berarti pula bahwa para guru,
orang tua, dan pendidik haruslah tahu pula apa, siapa dan bagaiamana situs
jejaring sosial yang sering dikunjungi anak-anaknya. Bentengilah generasi kita
dengan ilmu pengetahuan dan ilmu Islam yang kaffah, agar mereka bisa
membentengi diri sendiri disaat mereka terlepas dari pengawasan para orang tua
dan gurunya.
BAB III
PENUTUPAN
3.1. Kesimpulan
Pada
pokok pembahasan ini dapat penulis simpulkan beberapa inti pokok dari
pembahasan makalah.
1.
Jejaring
sosial adalah wadah dimana kita dapat bertemu dengan orang lain yang berbeda
tempat, meskipun kita berada pada tempat yang berjark sangat jauh sekalipun.
2.
Jejaring
sosial ada beberapa jenis dan keunggulannya masing-masing. Tinggal user ingin
memilih yang mana. Yang lebih bermanfaat bagi user.
3.
Jejaring
sosial ada dampak positif dan dampak negatifnya. Tergantung user bagaimana
memanfaatkan jejaring sosial itu sendiri.
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !