Headlines News :

PROFIL

Ujang Murana Wiajya, 23 Juli 1990
Home » » Fungsi Pendidikan dalam Hidup dan kehidupan Manusia

Fungsi Pendidikan dalam Hidup dan kehidupan Manusia

Written By Unknown on Tuesday, July 1, 2014 | 12:19 PM



Fungsi Pendidikan dalam Hidup dan kehidupan Manusia


Peranan pendidikan dalam hidup dan kehidupan manusia terlebih-lebih  dalam jaman modern sekarang ini yang dikenal dengan abad cybemetica,bahwa pendidikan  diakui sebagi satu kekuatan (education as power) yang menentukan prestasi dan produktivitas di bidang yang lain,karena menurut Theodore Brameld bahwa: Education as power means compement and strong enough to enable us, themajority of people,to decide what kind of a word we want and how to acheve that kind world atau dengan kata lain pendidikan sebagai kekuatan  berati mempunyai wewenang dan cukup kuat bagi kita,bagi rakyat banyak (khalayak) untuk menentukan satu dunia yang macam apa yang kita  inginkan dan bagaimana  mencapai dunia semacam itu.dan tidak ada satu fungsi  dan jabatan di dalam masyarakat tanpa  melalui proses pendidikan baik didalam maupun di luar lembaga formal .Hubungan dan interaksi sosial yang terjadi dalam proses pendidikan  di masyrakat mempengaruhi  perkembangan kepribadian manusia.untuk memperoleh hakekat diri yang makin bertambah sebagai hasil pengalaman berturut-turut sepanjang kehidupan masyarakat.
Pendidikan adalah suatu aktivitas sosial yang memungkinkan  masyarakat tetap ada dan berkembang.  Didalam masyarakat yang kompleks,fungsi pendidikan ini mengalami proses  spesialisasi dan melembaga dengan pendidikan formal  yang senantiasa  tetap behubungan  dengan proses pendidikan informal di luar sekolah.
Menurut Prof.Lodge tersebut bahwa perkataan pendidikan di pakai kadang-kadang dalam pengertian  yang lebih luas dan  dalm arti sempit .Dalam pengertian yang lebih luas: semua pengalaman  dapat dikatakan sebagai pendidikan,sebagai contoh:seorang anak dapat mendidik orang tuanya sebagaimana halnya seorang murid dapat pula  seorang murid dapat pula  mendidik gurunya,bahkan seekor anjing pun  dapat pula mendidik tuannya. segala sesuatu yang kita katakan ,pikiran atau kerjaan,dapat mendidim kita,demikian pula apa yang dikatakan  atau dilakukukan  sesuatu kepada kita,baik dari benda-benda mati maupun  benda-benda hidup.Dalam  pengertian yang lebih luas ini,bahwa hidup adalah pendidikan ,dan pendidikan adalah proses hidup dan kehidupan,yang berjalan sama,tidak terpisah satu sama lainnya.
sedangkan dalam pengertian yang lebih sempit,di uraikan selanjutnya olehLodge bahwa pendidikan dibatasi pada fungsi tertentu di dalam masyarakat yang terdiri atas penyerahan  adat istiadat(tradisi) dengan latar belakang sosialnya,dan demikianlah seterusnya.
B. Peranan Lembaga Pendidikan
Sebenarnya adanya aktivitas dan lembaga-lembaga pendidikan merupakan jawaban manusia juga atas problema dari perkembangan manusia itu sendiri. pendidikan yang akan membentuk dan membina bentuk-bentuk tertentu dengan tingkah laku tertentu dalam keadaan tertentu pula .Maka lembaga-lembaga pendidikan menghendaki perlakuan tertentu pula.jika pendidikan itu di katakan sebagai suatu propesi, maka anggota pengelola pendidikan yang menekuninya adalah karena dorongan tertentu pula demikian pula dalam propesi-propesi lainnya.
sekolah adalam lembaga pendidikan yang penting setelah keluarga,yang berfungsi juga membantu keluarga untuk medidik anak-anak.anak-anak mendapatkan pendidikan di lembaga ini,apa yang tidak  di dapat di dalam keluarga atau karena kedua orang tuanya tidak mempunyai kesempatan  untuk memberikan pendidikan  dan pengajaran kepada anak-anaknya.Dan salah satu tugas pendidik utuk anak-anak ,oleh orang tua  diserahkan kepada guru  sebagai pendidik propesional  untuk memberikan  ilmu pengetahuan,keterampilan, jiwa beragama kepada  anak dan sebagainya
bagi sekolah-sekolah negri yang di kelola oleh pemerintah ,maka masyarakat memperoleh banyak kemudahan dan keuntungan .adanya kewajiban belajar di tingkat bawah bagi tiap-tiap warga negara adalah  merupakan perwujudan urgensi pendidikan bagi manusia buat keluarga,masyarakat dan negara .artinya negara sebagai lembaga hidup bersama  lebih menyadari urgensi pendidikan bagi kepentingan warga negara ,berdasarkan nilai-nilai dan tujuan  pendidikan yang berlaku di negara itu.Demi kepentingan warga negara  untuk membina kesejahteraan hidup brsama di dalam negara,maka pendidikan menjadi tanggung jawab dan kewajiban negara
C. pendidikan adalah suatu keharusan bagi manusia sebagai makhluk biologis.
Bahwa didik dan mendidik adalah hal yang unik bagi makhluk manusia yang tidak dapat di sangkal lagi.namun juga kita seringmendengar bahwa istilah mendidik itu juga di pergunakan dalam dunia kehewanaan,seperti yang di kemukakaan oleh Prof.Lodge dalam bukunya “Philosophy of Education” mengtakan :the dog educates his master)( seekor anjing dapat mendidik tuannya).ungkapan profesor Lodge tersebut rupannya dapat pula kita amati pada seekor kucing. seekor kucing yang beranak,pada waktu anak-anaknya masih lemah,disusuinya anaknya itu dan di bersihkannya badan anaknya dengan air ludahnya.sementra anaknya menjadi besar,di ltihnya ananknya itu dengan berbagai macam gerakan ,menerkam dan lari seperti kepandaian yang di milki induknya.
Dari contoh   tadi rupanya yangmelantar belakangi pendapat Lodge tersebut,bahwa bintang juga mendidik anak-anaknya .Binatang juga memelihara melindungi  dan mengajarkan anak-anaknya,sehingga anak-anaknya itu dapat berdiri sendiri lepas dari induknya.
Berdasarkan uraian di atas jelaslah bahwa pendidikan itu bersaha untuk mengembangkan ptensi-potensi yang utuh yang merupakan aspek-aspek kepribadian termasuk didalamnya aspek individulualitas,moralitas,seimbanmg dengan kebutuhan jasmani dan rohani dan atara duniawi dan kubrowi.dan sebagai mana pada umumnya manusia selalu ingin terpenuhi  segala kebutuhan hidupnya. Tetapi karena kehidupan ini selalu berubah atau bersifat nisbi  sesuai dengan perkembangan social budaya sebagai  diri manusia modern yang tak pernah berhenti  menakhlukan kondisi  lingkungan yang baru,maka kemampuan dan kebtuhan biologis fisikis social dan bersifat paedagogis semakin Nampak bertambah.
Daftar putaka
  • Theodore Brameld,Education as Power,Boston(USA):Boston  University,1965,hal9

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Recent Post

Mampir Dulu
 
Support : Creating Website | UJANG MURNA WIJAYA Template | AA UJANG
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ujang Murana Wijaya - All Rights Reserved
Template Design by CREATIVE Published by JAMUR