Fungsi Pendidikan dalam Hidup dan
kehidupan Manusia
Peranan pendidikan dalam hidup dan
kehidupan manusia terlebih-lebih dalam jaman modern sekarang ini yang
dikenal dengan abad cybemetica,bahwa pendidikan diakui sebagi satu
kekuatan (education as power) yang menentukan prestasi dan produktivitas di
bidang yang lain,karena menurut Theodore Brameld bahwa: Education as power
means compement and strong enough to enable us, themajority of people,to decide
what kind of a word we want and how to acheve that kind world atau dengan kata
lain pendidikan sebagai kekuatan berati mempunyai wewenang dan cukup kuat
bagi kita,bagi rakyat banyak (khalayak) untuk menentukan satu dunia yang macam
apa yang kita inginkan dan bagaimana mencapai dunia semacam itu.dan
tidak ada satu fungsi dan jabatan di dalam masyarakat tanpa melalui
proses pendidikan baik didalam maupun di luar lembaga formal .Hubungan dan
interaksi sosial yang terjadi dalam proses pendidikan di masyrakat
mempengaruhi perkembangan kepribadian manusia.untuk memperoleh hakekat
diri yang makin bertambah sebagai hasil pengalaman berturut-turut sepanjang
kehidupan masyarakat.
Pendidikan adalah suatu aktivitas
sosial yang memungkinkan masyarakat tetap ada dan berkembang.
Didalam masyarakat yang kompleks,fungsi pendidikan ini mengalami proses
spesialisasi dan melembaga dengan pendidikan formal yang senantiasa
tetap behubungan dengan proses pendidikan informal di luar sekolah.
Menurut Prof.Lodge tersebut bahwa
perkataan pendidikan di pakai kadang-kadang dalam pengertian yang lebih
luas dan dalm arti sempit .Dalam pengertian yang lebih luas: semua
pengalaman dapat dikatakan sebagai pendidikan,sebagai contoh:seorang anak
dapat mendidik orang tuanya sebagaimana halnya seorang murid dapat pula
seorang murid dapat pula mendidik gurunya,bahkan seekor anjing pun
dapat pula mendidik tuannya. segala sesuatu yang kita katakan ,pikiran atau
kerjaan,dapat mendidim kita,demikian pula apa yang dikatakan atau
dilakukukan sesuatu kepada kita,baik dari benda-benda mati maupun
benda-benda hidup.Dalam pengertian yang lebih luas ini,bahwa hidup adalah
pendidikan ,dan pendidikan adalah proses hidup dan kehidupan,yang berjalan
sama,tidak terpisah satu sama lainnya.
sedangkan dalam pengertian yang
lebih sempit,di uraikan selanjutnya olehLodge bahwa pendidikan dibatasi pada
fungsi tertentu di dalam masyarakat yang terdiri atas penyerahan adat
istiadat(tradisi) dengan latar belakang sosialnya,dan demikianlah seterusnya.
B. Peranan Lembaga Pendidikan
Sebenarnya adanya aktivitas dan
lembaga-lembaga pendidikan merupakan jawaban manusia juga atas problema dari
perkembangan manusia itu sendiri. pendidikan yang akan membentuk dan membina
bentuk-bentuk tertentu dengan tingkah laku tertentu dalam keadaan tertentu pula
.Maka lembaga-lembaga pendidikan menghendaki perlakuan tertentu pula.jika
pendidikan itu di katakan sebagai suatu propesi, maka anggota pengelola
pendidikan yang menekuninya adalah karena dorongan tertentu pula demikian pula
dalam propesi-propesi lainnya.
sekolah adalam lembaga pendidikan
yang penting setelah keluarga,yang berfungsi juga membantu keluarga untuk
medidik anak-anak.anak-anak mendapatkan pendidikan di lembaga ini,apa yang
tidak di dapat di dalam keluarga atau karena kedua orang tuanya tidak
mempunyai kesempatan untuk memberikan pendidikan dan pengajaran
kepada anak-anaknya.Dan salah satu tugas pendidik utuk anak-anak ,oleh orang
tua diserahkan kepada guru sebagai pendidik propesional untuk
memberikan ilmu pengetahuan,keterampilan, jiwa beragama kepada anak
dan sebagainya
bagi sekolah-sekolah negri yang di
kelola oleh pemerintah ,maka masyarakat memperoleh banyak kemudahan dan
keuntungan .adanya kewajiban belajar di tingkat bawah bagi tiap-tiap warga
negara adalah merupakan perwujudan urgensi pendidikan bagi manusia buat
keluarga,masyarakat dan negara .artinya negara sebagai lembaga hidup
bersama lebih menyadari urgensi pendidikan bagi kepentingan warga negara
,berdasarkan nilai-nilai dan tujuan pendidikan yang berlaku di negara itu.Demi
kepentingan warga negara untuk membina kesejahteraan hidup brsama di
dalam negara,maka pendidikan menjadi tanggung jawab dan kewajiban negara
C. pendidikan adalah suatu keharusan
bagi manusia sebagai makhluk biologis.
Bahwa didik dan mendidik adalah hal
yang unik bagi makhluk manusia yang tidak dapat di sangkal lagi.namun juga kita
seringmendengar bahwa istilah mendidik itu juga di pergunakan dalam dunia
kehewanaan,seperti yang di kemukakaan oleh Prof.Lodge dalam bukunya “Philosophy
of Education” mengtakan :the dog educates his master)( seekor anjing dapat
mendidik tuannya).ungkapan profesor Lodge tersebut rupannya dapat pula kita
amati pada seekor kucing. seekor kucing yang beranak,pada waktu anak-anaknya
masih lemah,disusuinya anaknya itu dan di bersihkannya badan anaknya dengan air
ludahnya.sementra anaknya menjadi besar,di ltihnya ananknya itu dengan berbagai
macam gerakan ,menerkam dan lari seperti kepandaian yang di milki induknya.
Dari contoh tadi rupanya
yangmelantar belakangi pendapat Lodge tersebut,bahwa bintang juga mendidik
anak-anaknya .Binatang juga memelihara melindungi dan mengajarkan
anak-anaknya,sehingga anak-anaknya itu dapat berdiri sendiri lepas dari
induknya.
Berdasarkan uraian di atas jelaslah
bahwa pendidikan itu bersaha untuk mengembangkan ptensi-potensi yang utuh yang
merupakan aspek-aspek kepribadian termasuk didalamnya aspek
individulualitas,moralitas,seimbanmg dengan kebutuhan jasmani dan rohani dan
atara duniawi dan kubrowi.dan sebagai mana pada umumnya manusia selalu ingin
terpenuhi segala kebutuhan hidupnya. Tetapi karena kehidupan ini selalu
berubah atau bersifat nisbi sesuai dengan perkembangan social budaya
sebagai diri manusia modern yang tak pernah berhenti menakhlukan
kondisi lingkungan yang baru,maka kemampuan dan kebtuhan biologis fisikis
social dan bersifat paedagogis semakin Nampak bertambah.
Daftar
putaka
- Theodore Brameld,Education as Power,Boston(USA):Boston University,1965,hal9
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !